Welcome to Blog na tu GOWA...*** Dikelola jurnalis Gowa, orang Gowa, dan mereka yang peduli terhadap Gowa ***Kami menerima tulisan/opini/artikel/saran/kritik/kritik tentang GOWA, karena Gowanu, Gowaku, Gowata. Kami berhak tidak menerbitkan tulisan dengan berbagai pertimbangan. Terima Kasih *** Kirimkan tulisan/artikel/opini ke tugowa.news@gmail.com
CARA MENDAPATKAN UANG GRATIS
Perasaan anda ketika melihat judul di atas, sama dengan yang saya rasakan pertama kali mendengar dan melihat PTC (Paid to Click) atau mendapatkan uang dari Online di Internet. Tapi ketika saya mencoba atas anjuran teman ternyata bener… dapat uang sungguhan.
Saya akan berbagi caranya agar anda dapat mencobanya sendiri sehingga anda dapat membuktikannya, lagian gak rugi nyobak, soalnya GRATIS. Bagi anda yang belum daftar cukup klik Gambar IDR-CLICKIT di atas.
untuk mendaftar juga bisa ikuti link: http://www.idr-clickit.com/register.php/uttha.html
(lihat bukti pembayarannya: http://www.nugie.web.id/tag/idr-clickit)
10/23/2009 06:28:00 PM

Gowa Butuh Tenaga Polhut

Diposkan oleh tuGOWA

GOWA, BKM—Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, saat ini masih membutuhkan ratusan tenaga Polisi Hutan (Polhut). Kabid Pengawasan Penertiban dan Perlindungan Hutan, Muh Ramli Abbas, Rabu (22/10) mengatakan, untuk mengatasi maraknya aksi illegal loging serta kebakaran hutan, pihak Kehutanan sangat kekurangan tenaga. Saat ini Polhut yang ada hanya berkisar 10 orang sementara kawasan hutan yang harus diawasi seluas 63.099 hektare.
Jumlah personil dinilainya sangat tidak seimbang dengan kondisi hutan yang perlu pengawasan intensif. Akibatnya, pengawasan terkesan lemah.
Salah satu bukti, maraknya illegal loging yang terjadi di daerah dtaran tinggi seperti Biringbulu, Tinggimoncong, Tompobulu serta Manuju.
"Sangat tidak maksimal penjagaan hutan kita.Dalam perbandingan idealnya satu orang Polhut menjaga 200 hektare hutan, jadi ya kita kekurangan sekitar 300 orang," kata Ramli.
Untuk menjalankan tugas penjagaan hutan, kata Ramli, ada 60 personil Pam Swakarsa hutan telah membantu. Pam Swakarsa hutan ini tersebar di 6 Resort Polisi Hutan (RPH).
Keluhan pihak kehutanan ini berkaitan dengan terjadinya kebakaran huan di wilayah Kecamatan Tinggimoncong. Kebakaran hutan terjadi sejak Minggu (19/10) pukul 17.00 Wita dan terjadi di tiga titik berbeda. Masing-masing di Paranglampere, Kelurahan Pattapang. Sementara kebakaran yang sama terjadi pula di pos 12 gunung Bawakaraeng. Kobaran api yang menghanguskan puluhan hektar pohon pinus itu, baru padam sekitar pukul 24.00 Wita.
Sementara itu, Muh Hatta, Ketua Pemerhati Pelayanan Publik Gowa (P3G) di mengatakan, kelestarian hutan Bawakaraeng, sangat berdampak pada kelangsungan beberapa hulu sungai .
Dikatakannya, Bawakaraeng tidak hanya menjadi sumber mata air bagi sungai Je'neberang tapi juga menjamin kelangsungan aliran sungai Tangka ke Kab. Sinjai, sungai Tallo ke Kab. Maros, sungai Karalloe ke Je'neponto atau sungai Pammukkulu ke Kab. Takalar.
‘’Karena itu memang sudah perlu ada konsep penyelamatan hutan secara terpadu,’’ kata Muh Hatta. ((Sar-R11))



0 komentar: