Welcome to Blog na tu GOWA...*** Dikelola jurnalis Gowa, orang Gowa, dan mereka yang peduli terhadap Gowa ***Kami menerima tulisan/opini/artikel/saran/kritik/kritik tentang GOWA, karena Gowanu, Gowaku, Gowata. Kami berhak tidak menerbitkan tulisan dengan berbagai pertimbangan. Terima Kasih *** Kirimkan tulisan/artikel/opini ke tugowa.news@gmail.com
CARA MENDAPATKAN UANG GRATIS
Perasaan anda ketika melihat judul di atas, sama dengan yang saya rasakan pertama kali mendengar dan melihat PTC (Paid to Click) atau mendapatkan uang dari Online di Internet. Tapi ketika saya mencoba atas anjuran teman ternyata bener… dapat uang sungguhan.
Saya akan berbagi caranya agar anda dapat mencobanya sendiri sehingga anda dapat membuktikannya, lagian gak rugi nyobak, soalnya GRATIS. Bagi anda yang belum daftar cukup klik Gambar IDR-CLICKIT di atas.
untuk mendaftar juga bisa ikuti link: http://www.idr-clickit.com/register.php/uttha.html
(lihat bukti pembayarannya: http://www.nugie.web.id/tag/idr-clickit)
11/27/2009 08:12:00 PM

Ritual Accera Kalompoang di ballalompoa

Diposkan oleh tuGOWA

PERAYAAN Idul Adha di Butta Bersejarah ini belum lengkap tanpa ritual tahunan keluarga kerajaan Gowa. Jumat besok, merupakan puncak pencucian benda-benda pusaka kerajaan Gowa atau Accera Kalompoang.
Pencucian akan dilakukan usai pelaksanaan salat Jumat dan ditempatkan di Istana Balla Lompoa.
Kegiatan Accera Kalompoang dimulai, Kamis (26/11) hari ini, dengan ritual allekka je'ne sekitar pukul 09.00 hingga siang hari. Berupa pengambilan air bertuah dari sumur bertuah yang terletak di kompleks makam Sultan Hasanuddin.
Usai prosesi itu dan air bertuah sudah ada di Balla Lompa, ritual dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban atau ammolong tedong. Penyembelihan ini salah satu tujuannya untuk mengambil sebagian darah hewan kurban berupa kerbau sebagai bahan upacara puncak.
Ritual dilanjutkan dengan upacara appidalleki atau melakukan persembahan sesajen kepada leluhur. Acara berlangsung saat posisi matahari kembali ke paraduannya (magrib), sesudah salat isya, dan saat takbiran. Upacara ini khusus dihadiri keluarga raja.
Puncak ritual bernama allangiri kalompoang ini akan membersihkan sekitar 15 jenis pusaka kerajaan. Antara lain mahkota kerajaan yang terbuat dari emas murni seberat 1.768 gram dengan bertatahkan butiran permata dan berlian.(muhtar muis)


0 komentar: